Bumi sudah semakin panas, pemanasan global sudah menjadi isyu dunia. Mari berpartisifasi menurunkan emisi dengan menggunakan EFT untuk kendaraan Anda

Rabu, 27 Agustus 2008

INGIN HEMAT BBM SAAT MUDIK? PAKAI EFT


Bagi para perantau yang mencari nafkah jauh dari kampung halamannya, bahkan tidak jarang yang meninggalkan keluarganya nun jauh di sana, momentum mudik adalah saat yang ditunggu-tunggu. Keinginan untuk melepas rindu dengan keluarga yang lama tidak bertemu mengalahkan jarak dan waktu, sehingga jarak jauh ditempuh, alokasi waktu telah disisihkan bahkan orang rela berdesak-desakan dengan para pemudik lain demi mudik untuk berhari raya Iedul Fitri di kampung halaman.

Banyak moda transportasi yang digunakan para pemudik, mulai dari naik angkutan umum, pesawat, kereta api, mobil pribadi bahkan sepeda motor. Untuk dua moda transportasi terakhir, pemudik harus menghitung benar keamanan sekaligus keuntungan dan kerugiannya. Ketika pemudik menggunakan kendaraan pribadi dalam perjalanannya, mereka membutuhkan biaya untuk BBM, kondisi kendaraan yang fit dalam hal spare part maupun tenaga mesin yang kuat sehingga menunjang kelancaran perjalanannya. Untuk kebutuhan yang sifatnya pasti, misalnya biaya untuk membeli BBM dalam rangka mudik, bisakah ditekan pengeluarannya.

Biaya BBM yang sudah pasti dibutuhkan, sebenarnya dapat ditekan pengeluarannya dengan menggunakan penghemat BBM. Salah satu solusi alternatif bagi pemudik adalah Penghemat BBM Electric Fuel Treatment (EFT) yang dibuat oleh LIPI. EFT yang merupakan alat penyempurna pembakaran BBM pada berbagai jenis kendaraan berfungsi optimal dan sangat signifikan penghematannya bila digunakan pada kendaraan yang menempuh jarak yang jauh. Karena EFT pada dasarnya bekerja untuk mengoptimalkan potensi BBM sehingga jarak tempuhnya lebih panjang. EFT dapat meresonansi BBM dengan sangat baik pada kendaraan yang sedang melaju dengan jarak jauh, karena kendaraan yang menempuh jarak yang jauh biasanya kecepatannya stabil dan energi kinetisnya membantu penghematan BBM oleh EFT.

EFT juga berfungsi sebagai alat yang memperbaiki kualitas BBM sehingga lebih bertenaga yang akan dirasakan langsung dampaknya pada saat menarik atau menginjak pedal gas. Tarikan gas yang ringan membuat laju kendaraan terasa enteng dan cepat. Dengan gas yang terasa ringan ini membuat kinerja mesin tidak begitu berat, sehingga mesin lebih awet sekaligus konsumsi BBM lebih irit. Pada dasarnya kendaraan yang syarat dengan muatan membuat laju kendaraan lebih lambat sehingga kinerja mesin lebih berat dalam bekerja dan boros BBM. Dengan menggunakan EFT, tenaga mesin bertambah besar sehingga dapat menjadi solusi bagi pemudik untuk membawa barang yang cukup banyak di kendaraannya. Bagi pemudik yang memasang EFT dan telah menservis kendaraannya sebelum melakukan perjalanan mudik dapat menghemat konsumsi BBM hingga lebih dari 40 % dengan catatan laju kendaraan stabil, dan disertai dengan cara mengemudi yang baik (Eco Driving Style). EFT dapat bermanfaat lebih dari sekedar untuk mudik,karena EFT bisa berfungsi dengan baik dalam hal penghematan BBM, menambah tenaga mesin, dan menyempurnakan pembakaran dalam kurun waktu hingga 5 th.Karena itu EFT dapat menjadi solusi penghematan bagi Anda. Selamat mencoba EFT, dan selamat melakukan perjalanan mudik.

Oleh : Harmonis

Tidak ada komentar: