Bumi sudah semakin panas, pemanasan global sudah menjadi isyu dunia. Mari berpartisifasi menurunkan emisi dengan menggunakan EFT untuk kendaraan Anda

Senin, 10 November 2008

Tips Mengisi Bensin


Sebagaimana kebutuhan makanan dan minuman bagi manusia, kebutuhan akan bahan bakar bagi kendaraan juga merupakan kebutuhan primer. Karena itu mengisi BBM di SPBU dengan antrian yang panjang merupakan pemandangan umum dan sering kita alami. Namun tidak setiap SPBU dapat melakukan pelayanan sesuai harapan konsumen ketika mengisi BBM (bensin). Beberapa faktor penyebab di antaranya adalah secara internal di SPBU tertentu masih ada yang takarannya tidak tepat karena ingin mengambil keuntungan yang lebih, namun ada juga yang disebabkan karena sifat dari bensin itu sendiri serta pengaruh proses pengisian bensin ke dalam tangki kendaraan. Beberapa tips berikut dapat dijadikan acuan agar dalam membeli bensin mendapatkan hasil yang optimal.

1. Isilah Bensin pada Pagi Hari di SPBU yang Anda Percaya

Mengisi bensin untuk kendaraan anda sebaiknya hanya di pagi hari atau subuh saat temperatur tanah masih dingin. Mengingat di semua SPBU menyimpan bensin dengan tangki di dalam tanah. Semakin dingin temperatur tanah akan membuat densitas (tingkat cair) bensin semakin baik. Saat temperatur mulai hangat, bensin akan mengembang, sehingga saat membeli bensin di siang atau sore hari maka jumlah cairan bensin di kendaraan anda tindak benar-benar satu tangki.

Di dalam bisnis bahan bakar, pengaturan grafitasi bumi,temperatur dari bensin, solar, bahan bakar jet atau produk bahan bakar yang lain, mendapat pengaturan yang sangat penting. Kenaikan satu derajat saja, memiliki pengaruh yang besar dalam bisnis ini. Tetapi umumnya pom bensin tidak memiliki alat pengatur kompensasi temperatur di mesin mereka.

2. Atur Kecepatan Aliran Pipa Bensin Dalam Mode Slow

Jika kita perhatikan dengan seksama pada gagang kran ada 3 tingkatan kecepatan laju keluarnya bensin yaitu: low, middle dan high. Karena itu sebaiknya pada saat mengisi bensin gunakan mode low ini. Biasanya ini hanya digunakan untuk SPBU yang swalayan seperti di luar negeri. Dengan menggunakan mode low berarti Anda mengatur pompa aliran bensin dalam kecepatan rendah, sehingga meminimalkan terjadinya penguapan saat bensin dipompa. Sebagai informasi, semua gagang kran bensin mempunyai saluran untuk menghisap uap (vapor return). Karena itu jika Anda memompa pada mode fast, maka ada bagian cairan bensin di tangki mobil Anda yang menjadi uap. Uap bensin itu akan dihisap oleh ujung kran
pipa pom dan dikembalikan ke tangki penyimpanan di dalam tanah sehingga jumlah bensin yang Anda bayar jadi berkurang.

3. Isi Bensin Saat Tangki Kendaraan Masih Terisi Setengah

Mengisi bensin sebaiknya jangan sampai setelah tangki kosong, karena semakin banyak gas ada di dalam tangki kendaraan, maka udara yang yang ada semakin sedikit. Bensin dapat menguap lebih cepat dari yang anda bayangkan. Bila hal ini terjadi peluang volume bensin yang masuk ke tangki kendaraan Anda berkurang besar. Oleh sebab itu isilah bensin saat tangki kendaraan masih setengah.

4. Jangan Mengisi Bensin Kalau Pom Sedang Diisi (ada truk tangki yang sedang mengisi)

Bagi Anda yang hendak mengisi bensin, jangan mengisi bensin jika melihat ada truk tangki yang sedang mengisi di SPBU tersebut. Karena pada saat truk tangki mengisi bensin ke dalam tangki penyimpanan, ada uap (gas) yang ikut terbawa, dan kotoran yang ada di dasar tangki bisa teraduk dan terangkat ke atas dan masuk ke dalam kendaraan anda. Bila hal ini terjadi kotoran tersebut akan menyumbat laju bensin sehingga suplai bensin ke karburator atau injector terhambat yang sering menyebabkan kendaraan tersendat-sendat bahkan mogok. Untuk jangka panjang kotoran ini akan berubah menjadi kerak dalam mesin kendaraan Anda. Karena itu isilah bensin saat tidak ada truk yang mengisi bensin ke tempat tangki penyimpanan SPBU.

Oleh : Harmonis Santara (dari berbagai referensi)

Tidak ada komentar: