Bumi sudah semakin panas, pemanasan global sudah menjadi isyu dunia. Mari berpartisifasi menurunkan emisi dengan menggunakan EFT untuk kendaraan Anda

Selasa, 21 Oktober 2008

EFT Dapat Menjaga Kebersihan Karburator


Salah satu alat yang berperan penting pada sepeda motor adalah karburator. Karburator pada kendaraan bermotor berbentuk seperti mangkok, di dalamnya terdapat spuyer dan jarum spuyer. Fungsi utama karburator adalah sebagai tempat mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat sehingga sesuai kebutuhan, sebelum disalurkan ke dalam ruang pembakaran dalam bentuk kabut.

Fungsi jarum spuyer adalah untuk membantu meratakan sekaligus memecah kucuran bensin dari lubang utama dalam spuyer yang terletak di tengah atau tepat di bawah lubang samping spuyer yang menghadap ke bak karburator.
Banyaknya kucuran bensin sangat ditentukan oleh jumlah dan besarnya diameter lubang pada spuyer. Saat bensin yang ada di bak karburator terhisap lewat lubang utama dan samping, kapasitasnya tidak akan berkurang sehingga motor lebih mudah menyala.

Kinerja mesin kendaraan secara keseluruhan sangat tergantung pada bersih dan tidaknya karburator. Karena itu menjaga kebersihan karburator dan settingan karburator yang tepat menjadi hal yang penting. Karburator yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi kelancaran suplai bahan bakar. Apabila karburator pada kendaraan kotor, suplai bahan bakar menjadi tidak lancar, dan berdampak pada pembakaran yang tidak sempurna, akibatnya sepeda motor kurang bertenaga bahkan bisa mogok. Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan bahan bakar mentah berupa asap yang tidak normal. Bersama asap inilah dikeluarkan senyawa kimia berupa Sulfurdioksida (SO2),Karbonmonoksida (CO),Nitrogen dioksida (NO2),Ozon (O3),Hidrokarbon (HC), Partikulat (PM 10, PM 2,5, TSP dan Partikel debu lainnya), Pb (Timah Hitam) yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Semakin tinggi emisi gas buang yang dikeluarkan melalui knalpot, merupakan indikasi semakin tidak efisiennya penggunaan bahan bakar kendaraan, karena lebih banyak bahan bakar mentah yang terbuang sia-sia. Kurang optimalnya potensi bahan bakar untuk menjadi energi menyebabkan borosnya penggunaan bahan bakar.

Bagi Anda yang selalu disipilin menservis kendaraan secara berkala, menjaga kebersihan karburator mungkin bukanlah kendala. Tapi bagi Anda yang sangat sibuk sehingga sulit mengalokasikan waktu untuk merawat karburator, dapat menggunakan Electric Fuel Treatment (EFT), yang dapat menjaga kebersihan injektor dan karburator. Dengan EFT bahan bakar yang sudah tersaring oleh filter, kemudian melewati EFT diperbaiki kualitas dan susunan rantai hidrokarbonnya sehingga lebih bertenaga dan dapat terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang sempurna tidak menyisakan BBM mentah yang dapat menimbulkan kerak pada karburator. Selain itu dengan menggunakan EFT akan menambah tenaga mesin dan mengurangi emisi gas buang kendaraan sehingga lebih ramah lingkungan. EFT sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan penambahan tenaga mesin, penghematan dan bagi Anda yang tidak punya waktu luang untuk merawat kebersihan karburator, karena EFT dapat merawat kebersihan sistem karburasi.

Oleh : Harmonis Santara

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Teddy Aryanto komen: Aihhhh nis... kau La juaLan Karburator puLok....